Cara Mengetahui Pengunjung Blog Organik

Menurut anda bagaimana cara mengetahui pengunjung blog organik? Salah satu caranya adalah dengan melihat dari mana datangnya pengunjung tersebut. Dalam artikel ini saya akan mengulas tentang cara mengetahui pengunjung organik suatu blog.

Memperoleh pengunjung organik yang tinggi memang suatu kebanggaan tersendiri orang-orang yang ngeblog.

Namun hal pertama yang harus kita ketahui adalah bagaimana cara mengetahui pengunjung organik dan darimana visitor itu berasal.

Visitor organik adalah poin penting yang harus diperhatikan bagi admin blog agar blognya lebih akrab di mesin telusur.

Apalagi jika blog tersebut telah di monetize atau blog yang dibangun untuk bisnis dan menjadi salah satu cara untuk menghasilkan uang dari internet, harapan besarnya tentu mendapatkan pengunjung berlimpah dari blog yang dibangun.

Untuk memaksimalkan itu, kemampuan SEO dan berbagai elemen lain patut ditingkatkan oleh pemilik blog untuk mendatangkan pengunjung secara organik.

Saya sejauh ini mengelola beberapa blog, rata-rata trafiknya memang berasal dari Google meski masih kecil. Usahakan agar kita selalu memonitor secara berkala trafol untuk menjadi evaluasi  seberapa besar visitor kita, apakah meningkat atau berkurang.

Namun jika kita memiliki trafik yang rendah dan tidak meningkat dalam waktu yang cukup lama sebaiknya kita memodifikasi SEO atau cara kita mengelola blog. Apalagi jika tiba-tiba turun drastis maka kita harus mengidentifikasi penyebab utamanya.

Baca juga: 7 Posisi Penempatan Iklan AdSense yang Paling Berpotensi di Klik Pengguna

Saat ini di internet banyak alat yang dapat digunakan untuk mengontrol visitor blog dengan gratis seperti Widget Histats, Widget Whois.Amung.us dan lain sebagainya.

Bagi saya sendiri, saya menyarankan agar gunakan alat dari Google karena ini lebih akurat dan kompatibel. Ini untuk memonitor pengunjung blog supaya kita tahu tingkat pengunjung dan darimana pengunjung itu berasal.

Cara mengetahui pengunjung organik di Blogger

Untuk mengetahui pengunjung organik blog silahkan buka Dashbord Blogger anda lalu pilih Ikhtisar. Perhatikan jumlah View dan visitor.

Dua istilah itu berbeda, visitor adalah pengunjung blog yang mengunjungi blog anda sementara Page View (PV) adalah jumlah halaman yang ditampilkan atau dilihat oleh visitor.

Untuk melihat data kunjungan di Blogger silahkan buka akun Blogger anda> StatistikIkhtisar. Ada tiga keterangan utama yang dapat kita lihat dari menu ikhtiar ini. Antara lain:

  • https://www.google.co.id/ (search engine Google Indonesia)
  • https://www.google.com/ (search engine Google)
  • https://www.bing.com/ (search engine Bing)
  • https://www.yahoo.com/ (search Engine dari Yahoo)
cara mengetahui pengunjung blog organik
Gambar nomer dua diatas menunjukan jumlah Page View atau tayangan halaman yang dilihat pengunjung blog.

Selain tiga jenis pengunjung diatas ada juga beberapa pengunjung dari misalnya, pengunjung dari media sosial, dari backlink dan lain sebagainya. Tiga iktiar ini adalah pengunjung organik dan bukan pengunjung non-organik.

Perlu anda ketahui, gak mudah memperoleh pengunjung organik. Ada banyak hal yang harus anda tingkatkan, mulai dari mengoptimalkan kata kunci, juga termasuk mengoptimalkan SEO, meningkatkan domain Authority dan Page Authority serta memperoleh backlink yang banyak untuk blog anda.

Ada banyak cara untuk memperoleh backlink, dan ini dapat anda terapkan didalam blog anda. Dalam dunia bloging, hal yang paling sudah diperoleh adalah mempunyai trafik organik yang terus meningkat dari waktu ke waktu.

Ada banyak faktor yang mempengaruhinya. Untuk itu, tetaplah konsisten dalam membuat artikel dan jangan lupa untuk terus berdoa.

Cara mengetahui pengunjung organik di WordPress

Tapi kan penjelasan tadi untuk pengguna Blogger? Lantas, bagaimana cara mengetahui pengunjung organik untuk WordPress? Berikut caranya.

Untuk lebih akurat, anda bisa melihat data kunjungan menggunakan Google Analytics. Namun, jika anda belum mendaftar, anda masih bisa melihat data kunjungan menggunakan JetPack.

Caranya, silahkan buka dashboard WordPress anda> Klik JetpackStatistik Situs> dan scroll ke bawah sampai anda melihat gambar seperti dibawah ini:

pengunjung organik wordpress

Pada lingkaran merah diatas adalah pengunjung organik. Namun biasanya, data yang dikumpulkan oleh JatPack tidak terlalu akurat sehingga ada baiknya anda menggunakan Google Analytics.

Pengunjung Blog Organik Tidak Termasuk Pengunjung Dari Media Sosial?

Sebenarnya kita dapat dengan mudah mengindentifikasi hal ini. Di menu Iktisiar misalnya, anda dapat dengan mudah melihat pengunjung blog anda dan dari mana pengunjung tersebut berasal termasuk pengunjung dari media sosial.

Semula, pembahasan ini ditanyakan oleh salah satu blogger. Lalu kemudian dijawab oleh salah seorang mastah, katanya, pengunjung yang datang dari media sosial seperti Facebook, Twitter serta LinkedIn tidak dihitung sebagai pengunjung organik.

Terkait dengan hal ini memang membutuhkan penjelasan yang lebih lanjut dan mendetail. Untuk itulah saya membuat postingan ini karena memang saya belum pernah mengulasnya di blog saya yang sederhana ini.

Baca juga: Cara Mengoptimalkan Konten Blog

Blog yang digunakan menggunakan platform blogspot punya alat kontrol visitor yang kompatibel dan akurat untuk mengetahui pengunjung organik dan visitor blog, termasuk juga jumlah pageview, visitor organik dan rujukan web dari tentang asal pengunjung.

Tapi bukankah cara meningkatkan trafik organik banyak disarankan untuk membagikan artikel kita ke media sosial? Ini memang betul, tapi tidak sepenuhnya demikian.

Tujuan menshare artikel di media sosial berdampak pada jumlah angka tayang yang memungkinkan postingan kamu bisa merangkak ke halaman pertama Google. Jadi saat mendapatkan klik lewat media sosial tidak dapat disebut sebagai pengunjung organik.

Tujuan posting ke media sosial agar artikel blog kita berpeluang tampil di mesin pencarian utama berdasarkan kata kunci yang dibidik.

Nah, pengunjung yang berasal dari rujukan sosial media termasuk Google+, Facebook, Twitter, LinkedIn dan sebagainya bukanlah pengunjung organik.

Ini adalah salah satu cara untuk memperlihatkan artikel-artikel kita ke pengguna sosial media lain yang membantu meningkatkan rating dan halaman blog pada mesin telusur. Jadi jelas ya disini, pengunjung media sosial bukanlah pengunjung organik.

Cara memperoleh pengunjung dari media sosial

Sebenarnya, cara untuk mendapatkan pengunjung sebenarnya langkahnya cukup mudah. Anda cukup membagikan artikel didalam blog anda lalu mensharenya di media sosial entah itu Twitter, Facebook dan LinkedIn.

Di Instagram pengunjung tidak dapat mengunjung blog anda, kecuali itu terletak di tautan profilnya.

Sederhanannya, memperoleh pengunjung dari media sosial sangat mudah sekali ketimbang anda berusaha mendapatkan pengunjung organik. Sebab, ada banyak hal yang harus anda maksimalkan untuk bisa memperoleh pengunjung organik.

Jadi, manfaatkan baik-baik media sosial untuk mendapatkan pengunjung. Untuk sementara waktu, jangan dulu pusing dengan penghasilan fokus aja dulu pada upaya untuk mendapatkan pengunjung. Karena untuk bisa Payout, minimal PV harian blog anda adalah 3000 orang.

Kesimpulan

Seperti yang dijelaskan diatas bahwa pengunjung blog dari media sosial bukan merupakan pengunjung organik blog.

Pengunjung organik blog adalah pengunjung yang datang dari mesin telusur atau mesin pencarian seperti Google, Bing, Yahoo, Yamdex dan sebagainya dan bukan dari share artikel di media sosial.

Baca juga: Cara Mendeteksi Kanibalisasi Keyword di Blog

Bagaimana sudah paham atau belum? Share di media sosial bertujuan untuk meningkatkan nilai tayang artikel yang ada dalam blog.

Jika nilai tayang cukup tinggi maka semakin tinggi juga jumlah pengunjung organik blog. Dua hal yang saling terkait satu sama yang lain yang sangat berperan untuk mendongkrak visitor blog.

Penutup

Demikian penjelasan mengenai cara mengetahui pengunjung organik suatu blog. Dari cara ini anda bisa terus berupaya untuk meningkatkan pengunjung organik.

Jika pengunjung organik anda sudah banyak sudah tentu popularitas blog anda sudah lebih baik di search engine. Terus tingkatkan kemampuan anda, sehingga blog anda lambat laun bisa di bikin brand. Semoga bermanfaat ~

Default image
Guntur Satya
Seorang mahasiswa jurusan Informatika Universitas Jenderal Soedirman, yang suka dengan dunia internet.

Leave a Reply