5 Jenis Trafik Blog yang Harus Dimaksimalkan Blogger

5 jenis trafik blog yang harus dimaksimalkan blogger – Sebagai blogger, anda harus memaksimalkan seluruh sumber trafik dari blog anda. Dan anda jangan hanya berharap trafik dari Google.

Untuk mendapatkan trafik dari Google sangat lama, selain pertarungan yang tinggi, anda juga harus memaksimalkan SEO blog anda, yang semuanya saling terkait mulai dari backlik, link internal, Gambar, dan lain sebagainya. Nah berikut 5 sumber trafik yang harus anda maksimalkan sebagai blogger. Apa saja itu? Ini dia daftarnya.

Jenis Trafik Blog yang Harus Dimaksimalkan Blogger

1. Sosial Media Trafik

Trafik dari media sosial adalah trafik yang berasal dari media sosial. Trafik anda peroleh saat anda membagikan link atau URL blog anda di media sosial atau saat anda pengunjung yang membagikan postingan anda di media sosial entah itu dari Facebook, Twitter, Instagram, dan lain sebagainya.

Jika anda ingin fokus di Blog, memperoleh trafik dari media sosial sangat baik untuk memperkenalkan tentang blog anda, apa yang anda bahas didalamnya dan lain sebagainya. Banyak Blogger yang membuat halaman di Facebook atau di Blog mereka untuk memperoleh trafik dari media sosial.

Baca juga: 5 Mitos yang Sering di Dengar Blogger Pemula

Banyak juga seorang blogger yang hanya mendapatkan trafik hanya dari sosial media, seperti hanya Facebook saja ataupun hanya Pinterest saja yang ramai saat ini. Namun untuk memiliki atau membuat blog yang mengandalkan trafik sosial media kalian harus memiliki kolam untuk target pasar blog anda sendiri dan juga harus rajin share artikel anda ke grup-grup ke target pembaca anda.

Terlalu banyak trafik dari sosial media juga tidak bagus untuk Adsense karena Adsense akan menganggap trafik invalid, jadi banyak blogger yang memiliki lebih banyak trafik memilih jalur mendapatkan uang selain Adsense.

2. Organik Trafik

Ini merupakan trafik dari Google atau trafik dari search engine langsung. Tentang poin 1 dan 2 ini saya sudah membahas sebelumnya pada artikel tentang apakah trafik dari media sosial dapat disebut sebagai trafik organik?

Disitu ada pembahasan yang lebih lengkap mengenai dua sumber trafik ini. Yang jelas, trafik organik merupakan trafik yang datang langsung dari mesin pencari.

Biasanya, ketika orang-orang mengetikan kata kunci atau kueri tertentu di mesin pencari dan jika URL blog anda yang tampil dari halaman 1-10 dan orang mengkliknya, maka itulah yang disebut sebagai trafik organik.

3. Referral Trafik

Salah satu sumber lain untuk blog anda adalah memperoleh backlik. Anda dapat memperoleh trafik dari sini. Trafik ini disebut juga sebagai Referral trafik.

Refreal trafik dapat anda peroleh ketika seseorang memasukan salah satu artikel di blog mereka dengan cara memberikan backlink.

Ada banyak cara mendapatkan backlink, dan ini merupakan salah satu sumber trafik yang harus anda maksimalkan sebagai blogger.

4. Email Trafik

Misalnya, ketika anda berkunjung ke blog PanduanIM.com, kurang lebih satu menit maka akan muncul widget untuk berlangganan artikel-artikel lewat Email. Trafik email kadang disebut juga sebagai trafik dari Subscriber.

Banyak blogger yang tidak memperhatikan hal ini, dan tidak menempatkan email subscriber di email mereka. Padahal ini merupakan salah satu hal penting untuk mendapatkan pengunjung ke blog anda.

Ada juga kabar yang mengatakan bahwa memperoleh trafik jenis ini bisa meningkatkan page rank blog anda sendiri.

Baca juga: Cara Menempatkan Kata Kunci di Alt Text, Title Text dan Link Artikel Blogger dan WordPress

Entahlah kabar ini benar atau tidak, yang jelas anda harus memaksimalkan trafik anda. Anda juga dapat berlangganan artikel-artikel gratis disini dengan cara memasukan email anda dibawah ini.

5. Direct trafik

Ini adalah pengunjung yang langsung mengetikan URL blog anda di Browser atau di mesin pencari entah itu di Google, Bing maupun di Yahoo!.

Meski jarang, tetapi memperoleh trafik jenis ini sangat penting bagi blog anda. Itu artinya, otoritas blog anda sudah baik dan juga anda bisa memperoleh trafik tambahan dari direct trafik.

Untuk itu, usahakan agar nama blog anda mudah diingat, dan berisikan informasi-informasi bermanfaat yang memberikan jawaban dan solusi kepada pembaca.

Penutup

Nah demikian pembahasan mengenai 5 Sumber Trafik yang Harus Dimaksimalkan Blogger. Jadi sebelum anda benar-benar memastikan konten anda, anda juga harus sembari memaksimalkan pengunjung dari segala penjuru di blog. Jika anda punya pertanyaan silahkan tinggalkan di kolom komentar.

Default image
Guntur Satya
Seorang mahasiswa jurusan Informatika Universitas Jenderal Soedirman, yang suka dengan dunia internet.

Leave a Reply